Minggu, 13 Juli 2008

Daerah Wisata Yogyakarta

Yogyakarta selain terkenal sebagai kota pelajar atau kota pendidikan, juga terkenal dengan kota wisata, karena disini banyak terdapat daerah wisata, dari wisata alam hingga wisata budaya..

Kraton Ngayogyakarta Hadininggrat
Bangunan Kraton dengan arsitektur Jawa yang agung dan elegan terletak di pusat kota Yogyakarta. Bangunan ini didirikan oleh Pangeran Mangkubumi, yang kemudian bergelar Sri Sultan Hamengku Buwono I, pada tahun 1775. Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat sekarang merupakan tempat tinggal Sri Sultan Hamengku Buwono X dan keluarganya.
Candi Prambanan
Candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang yang terletak di Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di pulau Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.

Kawasan Kaliurang
Dengan berbasis pada wisata alam yang ada, yang terletak dikaki Gunung Merapi, Kaliurang dikembangkan sebagai tujuan wisata di akhir pekan.

Kotagede
Kotagede disebut sebagai Kota Ibukota Lama, karena dulu tempat ini merupakan ibukota Kerajaan Islam Mataram yang pertama. Tempat ini terkenal dengan kerajinan peraknya.

Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis yang tereletak di selatan Yogyakarta tepatnya di kabupaten Bantul memiliki banyak pesona, baik yang bersifat supranatural maupun yang berupa fenomena ilmiah.

   

Pantai Baron
Pantai Baron terletak di daerah Gunung Kidul terdapat muara sungai bawah tanah yang bisa digunakan untuk pemandian setelah bermain di laut.
Daerah wisata lainnya antara lain:
1. Goa Cerme
2. Goa Gajah
3. Goa Langse
4. Museum Ulen Sentalu
5. Prawirotaman
6. Sosrowijayan
7. Istana Air Tamansari
8. Monumen Jogja Kembali (Monjali)
9. Masjid Agung
10. Benteng Vredeburg-malioboro
11. Kebun Binatang Gembira Loka
12. Kawasan Pantai (pantai Krakal, Kukup, Sadong, Siung, Wediombo)
13. Candi Mendut
14. Candi Pawon
15. Candi Kalasan
16. Candi gebang
17. Makam Imogiri
18. Glagah Indah
19. Pura Wisata
20. Tugu pal Putih
21. Monumen Serangan Umum Satu Maret
  

1 komentar:

Danistya mengatakan...

wah, nuwun atas apresiasinya mas ahfi. dirimu isih pelajar/mahasiswa/kerja je? dimana?

btw, link dunk blogku, nanti tak link balik... hahaha...

nuwun.